Skip to content

Petani Cilik Panen Sayur

15 September 2016

Sahabat,….. lihatlah keseruan teman-teman Playgroup Karakter Pelangi Nusantara, belajar diantara tanaman dan sayur mayur. ijo-ijo segeeer dehh. kebun Watu Simbar yang indah dan sejuk. kami meliat banyak tanaman disini, sayur terong, kangkung, bayam, sawi, singkong, … banyak deh pokokya. suka, suka, suka !!!!!

Alahmdulillah, bu guru juga sabar menjelaskan kepada kami semua. tentang tanaman apa saja yang kita lewati. setiap melewati tanaman, kami pasti berhenti. Bu guru menjelaskan nama tanamannnya. apa gunanya. lalu bu guru juga meminta kami mengamati dari dekat, memegang, mencium, dan mengamti setiap detil tanaman itu.
kadang bu guru juga bermain tebak-tebakan lho.. seruu banget. setiap kami berhasil buguru dan teman-tema lain akan bersorak gembira. kalau belum berhasil buguru pasti akan memberi tahu.

sahabat, lihat, itu beberapa teman pelangi yang lagi asyiik mengamati tanaman. Mengamati secara kongkrit seperti ini memang sangat mengesankan. dan pastinya sangat berkesan. semoga akan jadi memori dan kenangan indah masa kecil kamiūüôā

usai mengamati tanaman dan panen sayur. kami bermain di area playground yang super duper luas.asyiiik deh.. bisa lari-lari sampai puaaasss. Ada banyak gazebo berarsitektur tradisional jawa dan juga aneka permainan outdoor yang memang sengaja di sediakan bagi para pengunjung.

asyiik dan seruu pokoknya. terima kasih ya kebun wisata watu simabr. semoga lain waktu kami bisa bermain disana lagi. seru seru seru seruuuuu…

Belajar menjadi Konsumen Bijak ala Pelangi

14 September 2016

pagi yang seruuuu…

kali ini sahabat kindergarten B dan A Pelangi Nusantara belajar dan bermain di Pasar Sampangan. wah… asyiik banget deh. banyak hal yang bisa dipelajari dalam kegiatan ini.

Sehari sebelumnya sahabat pelangi bersama bu guru di kelas masing -masing membuat daftar rencana belanja nih. mereka berdiskusi apa yang mereka butuhkan dan inginkan. mereka juga diskusi tentang makanan apa yang akan  mereka beli. sehat atau tidak. terjangkau tidak harganya? dll. saat kegiatan diskusi ini, sahabat pelangi belajar menyampaikan pendapat, mengenali keinginan, dan tentu saja belajar merencanakan. dan belajar menulis juga.

5

membuat renacana belanja itu penting lho… agar kita tidak kalap saat belanja. hehehe..

selain itu sahabat pelangi juga belajar lho.. bagaimana jadi pembeli yang santun. menyapa penjual. bertanya berapa harga barang? mengucapkan terima kasih… wah pokoknya belajar banyak deh .

wah, lihat deh.. foto diatas. itu kakak-kakak TK B lagi asyikk memilih¬† buah dan sayur yang mau di beli. mereka juga asyik ngobrol dengan bapak dan ibu penjual di pasar. alhamdulilla, bapak-bapak dan ibu yang kami temui disana juga ramah-ramah lho…

kami mengamati seluruh isi pasar. kami menyapa bapak ibu penjual buah, sayur, mainan, susu, aneka jajanan, baju.. semuanya deh pokoknya. beberapa bapak dan ibu yang berbelanja juga kami sapa kok. malahan kita ajak ngobrol…

belanja ke pasar kali ini sangat menyenangkan. hmmm.. besok lagi kita fieldtrip kemana ya…

Mencari sekolah untuk anak usia dini

17 August 2016

Berbagai pertanyaan mungkin akan muncul ketika anak kita mulai tumbuh semakin besar. “kapan sebaiknya anak kecilku sekolah?” Perlukah anakku yang masih kecil sekolah? Sekolah? wah nanti dia belajar apa ya?

Sebenarnya sekolah berasal dari kata yunani, schollea,¬†artinya tempat bersenang-senang. jadi, dimanapun saja, selama anak anak bersenang senang, maka sebenarnya tempat itu bisa dinamakan sebagai sekolah. Bisa saja ia menemukan sekolahnya di rumah, bersama ibunya yang penuh perhatian menemaninya ber”main” dengan gembira, atau juga di lingkungan sehat sekitar rumahnya dimana anak bisa berinterasi dan bersenang-senang bersama tetangganya. Atau bahkan, kita seringkali “puas” dengan menyekolahkan anak usia emas kita “bersekolah di TV, games, i-pad atau handphone? Hmm..
Sekolah itu harus menyenangkan.
Lembaga sekolah bagi anak usia dini seharusnya juga menjadi schollea, bukan menjadi tempat yang terlalu formal atau bahkan terkesan mekanistik , kaku dengan jadwal yang sudah sedemikian baku. hal ini bahkan bisa berbahaya karena bisa menghilangkan keceriaan dan rasa senang anak-anak. padahal, justru karena rasa senanglah otak akan aktif belajar. Otak akan mengaktifkan bagian limbik yang berfungsi untuk berpikir sehingga proses belajar akan berjalan dengan baik.

Jadi, sekolah yang baik bagi anak adalah sekolah yang memberikan rasa senang, dengan kegiatan yang menyenangkan dan guru yang juga berwajah senang. Sekolah menyenangkan sangat ditentukan oleh suasana sekolah yang tumbuh dari budaya para gurunya. Cobalah untuk mengamati, anda akan merasakan bagaimana bahasa tubuh para guru, yang seringkali “berbicara lebih banyak”. Bayangkan, bila gurunya terlalu formal, kaku, atau (maaf) bersepatu hak tinggi, bagaimana ia akan bersikap ketika anak usia dini kita merengek, berlatih toilet training atau mengajak berlarian kesana kemari?
Jadi bijaklah mencari sekolah bagi anak kita.

Membangun Kelekatan Aman (Secure Attachment) Antara Ibu Yang Berkarir dan Bayinya

17 August 2016
Bayi yang baru lahir yang menunjukkan serba tidak berdaya. Namun dibalik ketidak berdayaannya tersebut pada dirinya terdapat berbagai potensi yang siap berkembang. Berbagai potensi yang dimiliki dapat berubah menjadi kemampuan nyata bila dirinya mendapatkan stimulasi dari lingkungannya, terutama lingkungan sosial.

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi bayi. Dari lingkungan inilah bayi belajar membentuk pola hubungan dengan orang lain. Faktor yang sangat diperlukan oleh bayi dalam mengembangkan kemampuan tersebut adalah bonding atau yang yang juga dikenal dengan istilah attachment (kelekatan ) yaitu hubungan dua arah antara ibu dan anak yang prosesnya berjalan secara perlahan terutama ketika bayi sudah mulai mengenal orang-orang di sekitarnya.

Anak-anak yang memiliki kelekatan (attachment ) erat dengan orang tuanya akan berkembang menjadi remaja yang memiliki kepribadian menarik , rasa percaya diri yang tinggi, kecerdasan emosi dan ketrampilan sosial yang tinggi serta mampu menyelesaikan masalah dengan efektif (Ratna Megawangi, 2014 ). Tidak hanya itu, menurut sebuah penelitian di pensilvania Amerika Serikat, anak yang memiliki kelekatan yang kuat mampu mengatasi trauma akibat bencana alam dengan lebih cepat di bandingkan dengan anak yang tidak memiliki kelekatan yang baik pada orang tua mereka ataupun walinya.

Kelekatan yang kuat antara ibu dan anak dapat diperoleh melalui pola ‚Äúpengasuhan responsif.‚ÄĚ, dimana ibu selalu siap berada di samping bayinya sehingga mengetahui kebutuhan bayinya; kapan bayi menangis karena lapar, atau harus di gantikan popoknya, atau saat bayi menangis karena merasa tidak nyaman.

Namun sayangnya, pada saat sekarang ini banyak sekali para ibu yang memiliki kesibukan di luar rumah yang padat dengan menjadi wanita karir, baik demi eksistensi diri maupun demi menopang keuangan keluarga, sehingga mereka tidak bisa selalu berada di dekat bayinya untuk selalu responsif terhadap segala kebutuhan bayinya.

Read more…

Bila si kakak cemburu sama adik

17 August 2016

Dear parents,..

Tahu nggak sih… kelahiran adik baru, kadang-kadang bisa memunculkan sikap cemburu bagi sang kakak. Hal ini bisa di lihat bila sang kakak mulai menunjukkan sikap :

  • ¬†Jadi sering marah2 dan uring-uringan nggak jelas atau jadi super cengeng
  • ¬†Marah berlebihan bila adik mengambil atau ikut nimbruing bermain?
  • ¬†Tiba-tiba nggak mau sekolah dan maunya di rumah aja.
  • ¬†Saat ibu lengah, diam-diam mencubit atau memukul adik?
  • ¬†Membuang atau menyembunyikan mainan kesukaan adik?

Bila itu terjadi, berarti ayah bunda harus waspada tuh, karena itu pertanda kalau kakak sedang cemburu pada adiknya. Sedang merasa diabaikan dan dinomorsekiankan.

jealous
Read more…

MELANCONG KE MAEROKOCO

12 March 2014

Hari ini, Rabu, 12 Maret 2014 sahabat playgroup kuntum Demawan dan Kuntum  dan  mandiri bermain dan belajar di Maerokoco PRPP Semarang. sahabat, disana kami belajar banyak lho, kami mengenal aneka jenis rumah adat yang ada di seluruh kota dan kabupaten yanag ada di Jawa tengah. tidak hanya itu saja, kami juga bisa belajar tentang aneka objek wisata dan makanan khas daerah yang ada di setiap kabupaten. seru deh pokoknya. 

mau tahukan keseruannya kayak gimana? nih langsung saja pantengin foto-foto keren kami selama di sana ….

P1040751

sahabat palygroup dan ibu guru sedang berfoto di depan anjungan REMBANG

P1040823

sahabat kami sedang

P1040821berpose di depan anjungan rumah jepara

P1040773

kalau yang ini, di depan anjungan kabupaten kudus

P1040756

mari menikmati ketenangan danau yang ada di sekeliling anjungan….

P1040781

sahabat, itu dia cerita seru kami, bagaimana dengan ceritamu? ..

nantikan cerita seru kami lainnya di postingan mendatang.

SAHABAT… MARI KERKEBUN…..

8 February 2014

sahabat, di fieldtrip kali ini kami akan belajar di kebun agrowisata Temu Kencono Gunungpati semarang. sahabat kami belajar banyak hal di sini. dari mulai¬† mengenal aneka tanaman obat, sayur mayur , tanaman buah dan banyak lagi yang lainnya. oh iya sahabat, salah satu kegiatan kami yang tak kalah seru lainnya adalah saat kami memanen kacang tanah… wah asyiiik deh pokoknya. serasa jadi petani beneran.

feildtrip ke agrowisata

melihat obat copy

sahabat, ini adalah foto saat kami melihat-lihat aneka jenis tanaman obat. tempatnya asyik… dan sejuk.. kami semua di temani kak Sani sahabat, kak Sani juga yang menjelaskan kepada kami semua khasiat dari aneka jenis tanaman obat yang ada di sana.¬† kami baru tahu ternyata¬† tanaman itu bisa di jadikan obat. dan banyak banget lho macamnya. ada kunyit, sambiloto, tempuyung, beluntus dan banyak lagi yang lainnya.

oh iya, sahabat, kalau foto yang paling bawah itu adalah foto kami saat melewati jembatan refleksi…¬† jangan lupa lho lepas sepatu atau sandal kalian ya.. biar merasakan sensasinya he.. he..hpanen kacang new copye…

¬† setelah puas berjalan-jalan di area kebun… kini saatnya kami untuk¬† PANEN KACANG…

¬† cihui… asyik banget…

  ayo sahabat bersemangat ya mencabut kacangnya. pastikan kalian dapat kacang paling      banyak.   he .. he.. he..

sahabat, inilah cerita seru kami…. nantikan cerita seru kami lainya ya……..