Skip to content

fieldtrip asyik ke perpustakaan

21 March 2009
lihat kami yang antusias berangkat ke perpustakaan...

lihat kami yang antusias berangkat ke perpustakaan...

Ke Perpustakaan itu … menyenangkan!

Pada Senin tanggal 2 Maret 2009 kemarin, teman-teman kelas Mekar, Kindergarten A dan B fieldtrip bersama-sama ke  Perpustakaan Wilayah Jawa Tengah. Wuihh… asyik sekali lo. Dengan penuh semangat dan menyanyi-nyanyi  teman-teman mungil kita berangkat bersama guru kelas masing-masing. Celoteh dan komentar mereka memenuhi keriuhan di sepanjang perjalanan.

Lebih asyik lagi ketika ternyata perpustakaan anak menyambut mereka dengan aneka permainan edukatif. Yess..teman-teman kecil tampak nyaman dan gembira di perpustakaan.

Lain waktu kami akan mengajak orang tua dan teman-teman kami yang lain ke perpustakaan

pose...sebelum berangkat

pose...sebelum berangkat

berbaris-berbaris

berbaris-berbaris

bersama nonton vcd di perwil

bersama nonton vcd di perwil

saatnya pulang..alhamdulillah dapat pengalaman baru..

saatnya pulang..alhamdulillah dapat pengalaman baru..

4 Comments leave one →
  1. tyas permalink
    21 April 2009 7:24 am

    Wah, kayaknya murid-murid PN bersemangat sekali ke perpustakaan. Kapan-kapan, mbok diajak ke panti asuhan. Supaya anak-anak tahu bahwa selain tinggal bersama orang tua, ada juga anak-anak yang tidak punya orang tua dan harus tinggal bersama-sama di panti. Saya rasa, wali murid juga tidak keberatan kalau diminta sumbangan untuk membeli oleh-oleh bagi penghuni panti.

    • paudpn permalink*
      29 April 2009 3:07 am

      baik ibu, terimaksih untuk masukkannya, untuk fieldtrip selanjutnya kita jadwalkan anak-anak ke panti asuhan sekalian menghibur anak-anak panti, insyaallah setelah acar pentas seni bulan juni nanti. terimakasih…

  2. sehan permalink
    27 November 2009 1:13 pm

    assalamualikum wr wb.

    senang rasanya melihat anak2 bersemangat sekali diajak jalan2. oh ya, sy jg seorang guru paud di kota samarinda. sy baru setahun mengajar, dan kebetulan sekolah kami baru saja beralih ke metode BCCT. sy menjadi guru pada sentra persiapan dan sentra bahan alam. terus terang sy terkadang masih bingung dengan kegiatan apa yang akan sy bawakan, mengingat basic sy jg bukan dari PG-TK. sy harap, sy bisa belajar dari Paud pelang nusantara ini, meskipun dari jarak jauh. sy ingin ibu,mugkin memberikan sy informasi contoh kegiatan yg seru atau kira2 bagaimana cara agar sy bisa membuat kegiatan yg menarik.
    sy kira hanya itu, semoga bu guru berkenan membantu kesulitan sy. sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih

    wassalamualaikum wr wb.

    • paudpn permalink*
      28 November 2009 9:46 am

      wassalamu’alaikum wr.wb.
      terimakasih ibu untuk sharingnya, mohon maaf sebelumnya, kami tidak menggunakan BCCT secara murni, namun kami gabungkan dengan metode yang lain seperti misalnya creative learning, dll. yang terpenting adalah kegiatan yang menyenangkan dan merangsang perkembangan anak sesuai dengan kemampuan dan usianya. berikut ini beberapa kegiatan kami untuk sentra persiapan dan sentra eksplorasi (begitu kami menyebutnya untuk sentra bahan alam) :
      SENTRA PERSIAPAN
      Math :
      1. Big and litte, heavy and light (perbandingan, memasukkan bermacam-macam benda dalam kotak besar.
      2. Fun with ball + boxes (bermacam ukuran bola + kotak, kemudian anak memasukkan).
      3. egg – citing pompon match.
      4. Menebak isi kotak.
      5. Small, medium, large.
      6. Emptying + filling. (mengisi dan memasukkan benda (pasir, biji dll) ke dalam kotak.
      7. Sorting with “block” boxes (berbagai macam benda dengan berbagai ukuran).
      8. Let’s make a graph.(membuat grafik)
      9. Graphing with picture cubes. (membuat grafik dengan grafik kubus)
      10. Matching containers and lids (mencari benda-benda yang sama dalam 1 box).
      11. Bigger than a bread box (membandingkan kotak, antara yang kecil, sedang dan besar)
      12. Fruit – kebab paterns (membuat sate buah dengan diberi contoh gambarnya).
      13. Sorting and class fiying outdoors (mengambil benda dan mengklasifikasikan benda yang ada di luar kelas)
      14. Crispy cracker match (membuat / mencocokan gambar besar dengan gambar yang sama potongan kecil-kecil).
      15. Let’s play musical shapes (membuat berbagai bentuk-bentuk lalu bunyikan musik.
      16. If the shoe fits – put it in (memasukkan benda pada kotak yang pas)
      17. Patterns are every where (menyusun benda-benda sesuai pola)
      18. Let’s go on a measuring treasurehunt (mengukur benda-benda disekitar).
      19. I know where it is (mencari benda sesuai gambar)
      20. Nature sorting (membuat karya-karya seni dari benda-benda sekitar.
      21. Keeping your balance (menimbang)
      22. Vehicle graping (menghitung kendaraan yang lewat kemudian dibuat grafik)
      23. How big is biggest? Membandingkan benda-benda yang berbeda: besar – kecil)
      24. How much is there? Mengukur volume air, pasir, dll kemudian dibuat tabel.
      25. “me” measuring (mencetak ukuran kaki lalu mengukur benda-benda dibandingkan dengan ukuran kaki.
      26. Clean up – time sorting (mengklasifikasikan benda sesuai dengan tempat keberadaannya. Ex: benda dikamar, benda di dapur, dan lain-lain.
      27. Circles and squares arround us (menggunakan bentuk geometri untuk membuat kreatifitas, menggunting kertas origami sesuai bentuk origami dan buat kreativitas di kertas.
      28. Shadow play: mengukur bayangan diri.
      29. Who’s out the beans (menimbang benda-benda yang yang berbeda.
      30. Experimenting with time (belajar tentang waktu menggunakan timer, sand timer)

      sentra eksplorasi :
      1. Fun with flash lights (bermain senter)
      2. Fun with balls an card board tubes (menggelindingkan bola menggunakan kertas tabung)
      3. Indoor / outdoor feely fun. (bermain bebas di dalam dan di luar ruangan)
      4. Join the tasting party. (bermain rasa : manis, asam, asin, pahit)
      5. Watch the win a (bermain angin)
      6. Holding their own (bermain pasing dengan bermacam alat)
      7. Magnificent magnets (bermain dengan magnet)
      8. Les’s grow grass (menanam rumput)
      9. Create a texture book (menata berbagai macam tekstur)
      10. A nose work out (mengetes indra penciuman)
      11. Take a nature walk (jalan-jalan)
      12. What makes the best bubbles? (membuat gelembung-gelembung sabun)
      13. Experimenting with wet and dry (mengamati benda-benda yang basah dan kering)
      14. Shadow hunting (melihat bayangan tubuh, benda di bawah sinar matahari)
      15. Mirror, mirror, on the wall (anak melihat dirinya dan detail yang ada pada dirinya di depan kaca)
      16. A picnic for ants (mengamati semut)
      17. How can we move this box of blocks (memindahkan balok)

      ibu, kegiatan diatas adalah beberapa kegiatan yang kami lakukan di pelangi, banyak lagi kegiatan yang mungkin bisa dikreasikan bu guru sesuai dengan kondisi daerah dan lingkungan setempat. atau kami juga biasa mengambil ide dari anak-anak tentang apa yang ingin kami lakukan dipelangi, dan biasanya mereka punya banyak sekali ide yang brilian. mungkin itu dulu ya bu informasi dari kami, semoga kita bisa saling berbagi untuk kebahagiaan anak-anak kita. terimakasih semoga bermanfaat. salam sayang untuk anak-anak samarinda.

      waassalamu’alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: