Skip to content

Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)

21 March 2009

Apa itu HFMD (Lesson Learn)

HFMD atau disebut juga penyakit Tangan Kaki dan Mulut terjadi akibat infeksi virus (coxsackievirus A16), dan biasa menyerang pada anak kecil. Gejala penyakit ini ditunjukkan oleh: demam, sakit pada tenggorokan, sariawan pada lidah dan mulut, gatal pada telapak tangan dan kaki, sakit kepala, lesu, rewel pada bayi. Periode dari awal infeksi hingga munculnya gejala-geja di atas (periode inkubasi) berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Demam merupakan pertanda awal dari penyakit ini, kemudian diikuti oleh sakit pada tenggorakan. Satu atau dua hari setelah demam, mulut dan tenggorokan mulai terasa sakit. Gatal pada tangan dan kaki juga dapat berlangsusng setelah 1 atau 2 hari, kadang-kadang juga muncul pada bagian bokong.

Coxsackievirus merupakan bagian dari kelompok virus yang disebit enteroviruses. Penyakit ini menyebar melalui saluran hidung dan tenggorokan, air liur, cairan dari kulit yang melepuh, atau tempat duduk dari seseorang yang terkena infeksi dan udara yang keluar dari batuk atau bersin. Penyakit ini biasanya menyerang anak kecil diabawah umur 10 tahun. Orang dewasa sangat jarang terjangkit penyakit ini, karena kekebalan tubuh mereka telah terbentuk dengan baik. Akan tetapi, orang dewasa dengan kondusi daya tahan tubuh sedang menurun dapat terjangkit penyakit ini.

Coxsackievirus dapat menyebar hingga beberapa minggu setelah gejala-geja penyakit ini muncul. Orang dewasa dapat menyebarkan virus ini, walaupun gejala penyakit ini tidak muncul pada diri mereka. Resiko terjangkitnya penyakit ini meningkat pada musim panas dan musim gugur (pada daerah dengan 4 musim). Penyakit ini kadang mengakibatkan dehidrasi, hal ini disebabkan karena penderita penyakit ini kekurangan cairan akibat tidak mau minum dan makan yang disebabkan oleh rasa sakit pada mulut dan tenggorokan. Tidak ada perawatan khusus untuk penyakit ini dan antibiotik tidak efektif karena ini merupakan infeksi akibat virus. Untuk mengurangi ketidaknyamanan pada penderita penyakit ini, biasanya dokter menyarankan: istirahat yang c
ukup, mengkonsumsi banyak cairan (makanan dan minuman yang terbuat dari susu, hindari makanan dan minuman yang mengandung asam seperti jus dan soda), mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit jika diperlukan. Gejala dari penyakit ini hilang selama 7 hingga 10 hari.

Untuk mencegak penyakit ini:
1. Cucilah tangan dengan bersih
2. Bersihkan rumah dengan disinfectant
3. Cegah anak-anak untuk memasukkan benda-benda kedalam mulut, karena virus ini dapat hidup pada benda-benda hingga beberapa hari
4. Isolasi orang-orang yang menderita penyakit ini. Jika anda menderita penyakit ini tetaplah dirumah. Penyakit ini sangat menular pada minggu awal terjangkitnya penyakit ini.

Beberapa tips untuk mengurangi rasa sakit saat makan dan minum pada penderita penyakit ini:
1. Gunakanlah sedotan saat minum
2. Makanlah es krim
3. Mengkonsumsi minum dingin seperti susu dingin atau air es
4. Hindari makanan dna minum yang mengandung asam seperti jus dan soda
5. Hindari garam dan makan yang asin
6. Konsumsi makanan yang lunak dan tidak perlu banyak mengunyah
7. Bersihkan mulut dengan air hangat setelah makan

Semoga tidak ada lagi yang terjangkit penyakit ini…………………….

Diterjemahkan dari: http://www.mayoclinic.com/health/hand-foot-and-mouth-disease/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: