Skip to content

Pentas Seni kreatif 2009

24 September 2009

Pentas Seni Kreatif Anak

14 Juni 2009 di Pelangi Nusantara,

Merupakan acara pentas seni perdana, yang sekaligus menjadi prosesi kelulusan teman-teman Kindergarten B

Kegiatan Pentas seni kreatif yang diadakan pada tanggal 14 Juni 2009 ini memang menjadi kegiatan Pentas SENI pertama kali yang diadakan oleh PAUD Pelangi Nusantara sebagai rangkaian dari prosesi pelepasan teman-teman Kindergarten B yang telah selesai mengikuti pembelajaran selama tahun ajaran 2008/2009 dan akan meneruskan ke jenjang selanjutnya.

Tahun perdana ini kami meluluskan 6 orang anak masing-masing bernama:

  1. Angelique Vita Stevanova

  2. Evelyn Okta Febriyani

  3. Hana Puspita Fitriati

  4. Nabilah Umi Fitriati

  5. Florence Angelaela Fauzi

  6. Abelia Nur Fatima

Rangkaian kegiatan Pentas seni ini juga menjadi pembuktian bagi kita bahwa setiap anak memang unik, tidak ada yang sepenuhnya sama dan keunikan itu pula yang justru ingin kami hargai melalui Pentas seni kreatif ini.

Hal ini Karena semua gerakan dari setiap anak TIDAK diberikan instruksi tertentu, sehingga anak MENDAPATKAN KEBEBASAN dan KEMERDEKAAN untuk bergerak sesuai interpretasi anak terhadap lagu yang diperdengarkan. Kami sangat menghargai setiap ekspresi anak, sehingga pentas seni ini merupakan pestanya anak-anak. Harapan kami, pengalaman yang menyenangkan yang dialami anak karena tidak ada ketakutan akan gerakan yang salah, belum hapal dan belum bisa, menjadikan anak semakin percaya diri untuk tampil sebagai diri mereka sendiri dan tumbuh menjadi anak yang semakin kreatif.

Kostum yang dipakai anak-anakpun tak luput dari proses kreatif yang sengaja ingin ditonjolkan sehingga semua kostum adalah Hasil KREATIF para guru, dengan memperhatikan konsep DAP dan kenyamanan anak.

Banyak komentar orang tua terhadap penampilan pentas seni ini, yang sepintas lalu tampak tidak teratur gerakannya. Hal ini tentu bisa dipahami, karena kita sebagai orang tua terbiasa menyaksikan keseragaman gerak dalam tiap pementasan gerak tarian. Justru inilah kekhasan anak, keaslian mereka yang harus kita hargai dengan sepenuh antusiasme.

Memasuki prosesi kelulusan, kami sengaja menyentuh HATI anak dengan sajian film kreatif buatan mereka sendiri, baik saat kegiatan sehari-hari masing-masing kelas sesuai usia maupun FILM mereka sendiri yang digali dari keinginan dan pengalaman mereka sendiri. Film ini sangat asli, original gaya mereka tereksplorasi sesuai interpretasi mereka. Judul Film mereka adalah, Rumah Sakitku (Karya Kindergarten B) dan Hati-hati Menyeberang Jalan (Karya Kindergarten A).

Ketika prosesi berlangsung Kami sebagai guru dan sekolah menyerahkan kembali anak-anak kepada orang tuanya dengan member mereka sebuah tanaman yang mereka tanam dan pelihara selama ini. Yaitu tanaman Aloevera. Hal ini mengandung filosofi yang tinggi karena aloevera adalah tanaman yang mudah tumbuh, dipelihara, dan berkembang biak sangat cepat bila disiram. Hal ini sama seperti KARAKTER yang mudah untuk ditanamkan dan bertumbuh kembang bila selalu disiram dengan cinta, kasih sayang dan konsistensi kita semua orang dewasa sebagai pendidik dan panutan mereka. Semoga….

Sebagian foto penggalan peristiwa ini, kami tampilkan kehadapan anda semua, selamat menikmati…

pentas seni

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: