Skip to content

Mencari sekolah untuk anak usia dini

17 August 2016

Berbagai pertanyaan mungkin akan muncul ketika anak kita mulai tumbuh semakin besar. “kapan sebaiknya anak kecilku sekolah?” Perlukah anakku yang masih kecil sekolah? Sekolah? wah nanti dia belajar apa ya?

Sebenarnya sekolah berasal dari kata yunani, schollea, artinya tempat bersenang-senang. jadi, dimanapun saja, selama anak anak bersenang senang, maka sebenarnya tempat itu bisa dinamakan sebagai sekolah. Bisa saja ia menemukan sekolahnya di rumah, bersama ibunya yang penuh perhatian menemaninya ber”main” dengan gembira, atau juga di lingkungan sehat sekitar rumahnya dimana anak bisa berinterasi dan bersenang-senang bersama tetangganya. Atau bahkan, kita seringkali “puas” dengan menyekolahkan anak usia emas kita “bersekolah di TV, games, i-pad atau handphone? Hmm..
Sekolah itu harus menyenangkan.
Lembaga sekolah bagi anak usia dini seharusnya juga menjadi schollea, bukan menjadi tempat yang terlalu formal atau bahkan terkesan mekanistik , kaku dengan jadwal yang sudah sedemikian baku. hal ini bahkan bisa berbahaya karena bisa menghilangkan keceriaan dan rasa senang anak-anak. padahal, justru karena rasa senanglah otak akan aktif belajar. Otak akan mengaktifkan bagian limbik yang berfungsi untuk berpikir sehingga proses belajar akan berjalan dengan baik.

Jadi, sekolah yang baik bagi anak adalah sekolah yang memberikan rasa senang, dengan kegiatan yang menyenangkan dan guru yang juga berwajah senang. Sekolah menyenangkan sangat ditentukan oleh suasana sekolah yang tumbuh dari budaya para gurunya. Cobalah untuk mengamati, anda akan merasakan bagaimana bahasa tubuh para guru, yang seringkali “berbicara lebih banyak”. Bayangkan, bila gurunya terlalu formal, kaku, atau (maaf) bersepatu hak tinggi, bagaimana ia akan bersikap ketika anak usia dini kita merengek, berlatih toilet training atau mengajak berlarian kesana kemari?
Jadi bijaklah mencari sekolah bagi anak kita.
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: