Skip to content

Sekolah Masa Depan

18 April 2018

by : Yessy Sukma*

IMG_7757

Ini nih pernyataan Pak Menteri Pendidikan, Muhajir Efendi,menyoal  Ujian Nasional tahun ini,  yang di unggah di instagram kemdikbud.ri ini. beliau menyampaikan bahwa tahun ini mulai memperkenalkan soal yg berkualifikasi HOTS (High Order Thinking Skills) ada kurang dari 20% soal ujian berkualifikasi HOTS. Sesuai dengan Standar Internasional yang sekarang diberlakukan.

Alhamdulillah dengan mulai dikenalkannya soal-soal HOTS di Ujian Nasional (UN) semoga akan membawa mutu pendidikan di Indonesia semakin baik dari hari kehari

Sedikit tentang HOTS. HOTS (High Order Thinking Skills) yaitu kemampuan berfikir tingkat tinggi. Taksonomi Bloom atau segitiga yang mengkatagorikan proses berpikir mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi. Ada 6 bagian, dari yang paling bawah adalah mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan yg paling atas adalah menciptakan. Taksonomi bloom dikelompokan lagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu Lower Order Thinking Skill (LOTS) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dalam beberapa literatur, dikatakan bahwa yang termasuk dalam HOTS adalah menganalisis, Mengevaluasi, dan menciptakan.

Ada berbagai triminologi yang dihubungkan dengan HOTS, yaitu berfikir kreatif (Creative Thinking), berpikir kritis (Critical Thinking) dan metakognisi

Metakognisi adalah proses refleksi diri dalam mengevaluasi proses/cara berpikir kita. Dengan keterampilan metakognisi, kita bisa lebih memahami diri akan aspek-aspek yg mempengaruhi cara berfikir kita, melatih kita agar lebih efektif dan efisien, mengambil keputusan yg lebih akurat, melakukan proses belajar yang lebih baik dan tentu menjadi orang yg lebih baik.

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk meningkatkan pemikiran sendiri dengan melakukan refleksi diri secara intelektual (Elder and Paul, 2010). Secara sederhana, seseorang yang berfikir kritis sebelum dia membuat keputusan akan memikirkan alasan-alasan, berbagai sudut pandang, serta dampak dari keputusan yg akan diambil.

Berpikir Kritis sangat berkaitan dengan berpikir kreatif, karena dengan berpikir kreatif, maka seseorang yg berpikir kritis akan menghasilkan keputusan yg terbaik, yg mungkin tidak biasa karena mempertimbangakan semua aspek dan dapak yg akan timbul.

IMG_7771

Begitu banyak manfaat dari sebuah soal HOTS dan kami mendukung program pemerintah yg mulai memperkenalkan soal-soal berkualifikasi HOTS. Tahun ini baru perkenalan masih kurang dari 20% soal HOTS, mungkin tahun-tahun berikutnya prosentase soal-soal HOTS akan ditambah lagi. Karena Hal tersebut akan menciptakan generasi yang unggul dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang terus berkembang. Sebenarnya soal-soal HOTS tidak sulit asal dilatih dan dibiasakan dari sejak dini, kami di SD Karakter Pelangi Nusantara yg mengadopsi Kurikulum dari Sekolah Karakter IHF Jakarta akan membiasakan anak didik kami untuk berfikir HOTS dengan metode yg kami punya. Hal ini sejalan dengan langkah yg diambil pemerintah dan tentunya berstandar Internasional.

Dimanakah SD Karakter Pelangi Nusantara?

SD Karakter Pelangi Nusantara merupakan satu-satunya SD karakter cabang Indonesian Heritage Foundation Jakarta di Semarang yang akan resmi di buka pendaftarannya tahun ajaran 2018/2019.  pendaftaran bisa dilakukan di kantor yayasan yang beralamat di  Jl. Dewi Sartika Raya No. 2 Sukorejo Gunungpati Semarang. Info lebih hubungi 024 86457473.

index

* Pendidik di PAUD Karakter Pelangi Nusantara Semarang.

 

 

 

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: