Skip to content

RUANG KONSULTASI

Salam Hangat, Salam Pelangi Nusantara

Halaman ini kami persiapkan bagi Orang Tua Wali Murid dan Pembaca yang budiman untuk berkonsultasi seputar dunia PAUD, khususnya di lingkungan PAUD Karakter Pelangi Nusantara. Kami akan berusaha untuk menanggapinya dan semoga forum ini bisa menjembatani kepentingan bersama demi kemajuan Anak didik kita khususnya dan PAUD Karakter Pelangi Nusantara pada akhirnya.

Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Hormat Kami

PAUD Pelangi Nusantara

tulis-pertanyaan-tanggapan

23 Comments leave one →
  1. Akmal permalink
    29 April 2009 12:01 pm

    Bu Nurul & Team

    Terkait dgn pelaksanaan Family Day tgl 9 Mei nanti, bagaimana respon dari para Orang Tua Wali Murid?
    Semoga saja responnya sesuai dengan yang diharapkan sehingga tujuan dari diselenggarakannya acara tersebut dapat tercapai.

    terima kasih

    • paudpn permalink*
      1 May 2009 8:02 am

      Alhamdulillah responnya cukup baik pak…..sampai saat ini sudah ada 68 peserta, anak-anak dan orangtua, kami berharap seluruh siswa Pelangi dan orangtua dapat mengikuti kegiatan tersebut agar lebih terjalin kerjasama dan kekeluargaan yang lebih erat antara orangtua dan guru. terimakasih

  2. irawanti permalink
    13 May 2009 3:47 am

    bu guru yg baik,
    berdasrkan penjelasan dari pak wahyono kmr di rawa permai,bahwa kta ortu jgn sampai mengatakan kata NAKAL kpd anak, tp aisya di rumah sering mengatakannya kepada orang lain, jika orang lain tersebut tidak mau menuruti /memenuhi keinginannya ataupun menyuruhnya melakukan sesuatu yng tdk dikehendakinya,kadang-kadang juga berkata dengan suara yang keras(galak) dan kadang2 dengan menggunakan kekerasan (memukul/menendang). bagaimana cara mengatasinya?
    Selama ini sy cm memberi pengertian untuk berbicara yang baik kalau tidak mau

  3. Papa Mama Ica permalink
    15 May 2009 2:21 pm

    Makasih ya Bu Nurul karna tlah dipinjami ‘Maryamah Karpov’.

    • paudpn permalink*
      16 May 2009 8:06 am

      sama-sama mama ina…..wah kayaknya lembur nih bacanya, baru dua hari sudah dikembalikan…he..he..semoga bermanfaat..

  4. paudpn permalink*
    16 May 2009 8:02 am

    Terimakasih bu ira untuk pertanyaannya. Pengucapan kata “nakal” memang belum sepenuhnya hilang dari lingkungan kita, baik dirumah atau dilingkungan sekitarnya sehingga anak cenderung meniru kata-kata tersebut meskipun kadang dia tidak tahu maknanya. di sekolah, biasanya kalau anak mengucapkan kata tersebut, kami bertanya, nakal kenapa? lalu baru dari jawaban dia kita tindaklanjuti, kita jelaskan kenapa tidak setiap hal yang diinginkan dapat dikabulkan. apabila anak mengucapkan kata-kata yang keras dan galak, biasanya kita mengucapkan, maaf..bu guru tidak mendengar jika aisyah berkata dengan keras, coba bicaranya yang baik, bu guru pasti mendengar. jika anak tetap mengucapkan kata dengan keras, pura-pura saja tidak mendengarnya dan terus dimotivasi untuk menngucapkan dengan kata-kata yang baik.. pun sama, jika anak menendang dan memukul, biasanya kita kembalikan kepada anak, apakah anak suka jika dupukul atau ditendang, karena bunda tidak suka, rasanya sakit. itu bisa kita sampaikan kepada anak. yang terpenting adalah terus bersikap konsisten kepada anak…..dengan terus mengajarkan dan mencontohkan hal-hal yang baik padanya, karena anak juga butuh waktu untuk mempelajarinya. terimakasih, semoga bermanfaat.

  5. ayah (ais) permalink
    27 July 2009 3:34 pm

    asslmlkm wr wb

    maaf ibu2… ( apa temen2 ya…🙂 )
    profile anak2 pelanginya di update dunk,
    kan ud taon ajaran baru…
    terima kasih

    wasslmlkm wr wb

  6. paudpn permalink*
    8 October 2009 7:19 am

    Terimakasih sebelumnya Bapak untuk konfirmasi dan masukannya. Tentu ini menjadi pelajaran yang berharga untuk kami meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan pengasuhan anak-anak. Mohon dimaaafkan kekhilafan dan kesalahan kami, pintu kami selalu terbuka untuk masukan perbaikan bagi peningkatan pelayanan pendidikan dan pengasuhan anak-anak. Mohon bimbingannya karena kami dan team sampai saat masih terus belajar agar kami dapat memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Semoga kerjasama kita dapat terus terjalin, terimakasih……

  7. shofi permalink
    21 October 2009 10:40 am

    Ass. para pendidik PAUD PELANGI yang hebat, mo tanya gimana caranya menstimulus anak supaya motorik halusnya cepat berkembang.thanks atas tanggapannya

    • paudpn permalink*
      26 October 2009 7:44 am

      Wassalamu’alaikum, wr.wb. Terimakasih ibu Shofi untuk pertanyaannya. berikut ini kegiatan-kegiatan yang biasa kami lakukan untuk merangsang perkembangan motorik halus anak :
      1. bermain playdough
      2. bermain pasir
      3. bermain air (misal mencuci kain, memandikan boneka bayi, dll)
      4. meremas kertas (koran atau bisa dengan kertas lunak lainnya dan berlanjut ke kertas yang llebih keras)
      5. menjumput (mengambil biji-bijian dengan tangan dan memasukkannya ke dalam botol)
      6. menggunting
      7. melipat kertas
      8. mencoret-coret (dimulai dengan krayon besar sampai pada penggunaan pensil)
      seluruh kegiatan tersebut kami lakukan berulang, include dalam pembelajaran dan tentu saja kami sesuaikan dengan usai anak. demikian bu Shofi tanggapan kami. terimakasih…semoga bermanfaat !

  8. suriyani permalink
    3 January 2010 3:21 am

    assalamu’alaikum wr.wb
    yang terhormat para ibu guru paud pelangi yang super kreaatif. Cara bermain yang seperti apa yang dapat mengenalkan anak pada huruf dan proses awal membaca. dan langkah-langkah apa saja yang ditempuh dalam mengenalkan proses membaca pada anak usia 3 thn.

  9. irni permalink
    30 March 2010 6:59 am

    asslmlkm
    kepada yang terhormat bapak dan ibu guru paud pelangi yang super energik
    ngomong2 ada tidak ya teori yang membahas tentang pembentukan karakter anak dengan metode cerita ? soalnya saya benar2 lagi membutuhkannya
    kalau misal ada info tentang hal tersebut mohon petunjuknya. trimakasih

    • paudpn permalink*
      31 March 2010 3:51 am

      wassalamu’alaikum wr. wb.

      Terimakasih ibu irni, selama ini referensi kami dalam pembelajaran karakter adalah buku-buku dari ibu Ratna Megawangi, salah satunya : PENDIDIKAN KARAKTER, SOLUSI MEMBANGUN BANGSA, insyaallah di buku tersebut dijelaskan tentang pentingnya pendidikan karakter dan bagaimana memberikannya kepada anak. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat, selamat membaca…terimakasih !

  10. 17 May 2010 2:38 am

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb
    Sehubungan dgn rencana pelaksanaan Family Day tahun 2010 ini yg bertepatan dengan hari Sabtu, 22 Mei 2010 (tidak pas hari libur), maka ada beberapa pertanyaan yg ingin kami sampaikan:
    – apakah pelaksanaan yg tidak bertepatan dangan hari minggu/libur tidak berpenagruh terhadap antusiasme orang tua murid?
    – sejauh ini apakah pesertanya sesuai dengan yg diharapkan oleh pihak PAUD PN?

    pada dasarnya kami sangat menghargai apa yg sdh menjadi keputusan PAUD PN, tetapi apabila jumlah pesertanya memang tidak sesuai dengan yg diharapkan, tidak ada salahnya apabila di carikan waktu yg sesuai saja, asalkan masih memungkinkan serta tidak ada konsekuensi dan keberatan dari pihak2 yg terkait (po bus, fountain water park, dsb)

    Harapan kami semoga acara Family Day kali ini lebih menarik dan memberikan pengalaman yg berkesan bagi anak2 khususnya dan bagi kita semua tentunya. Amin

    Wassalaamu’alaikum Wr.Wb

    salam pelangi nusantara.

  11. Nani permalink
    5 June 2010 12:56 pm

    Asslm. Salam kenal.. Sy pernah mengikuti seminar pend holistik bbasis karakter. Sy ingin mdalaminya untuk dikembangkn dlm pbelajarn. Adakah modulny? Klo sy ingin blajar lsg di sbbpn bgm crany?

  12. Retno permalink
    21 July 2010 3:28 am

    Ass, Wr.Wb, Ibu Pendidik di Pelangi Nusantara…….
    Akhir2 ini anak saya Kenzo sulit sekali diatur, waktunya mandi tidak mau mandi, waktunya sekolah tidak mau, dan kalau minta sesuatu harus dituruti. Kalau tidak dituruti pasti ngambek dan mengeluarkan jurus jitunya ( nangis ) sambil menendang dan membuang barang2 disekitarnya. Bahkan kursi makan sering dijungkirbalikkan. Kalau dirumah, ego-nya luar biasa, semua mainan yang dirumah dianggap semua miliknya. Bahkan mainan kakaknya juga dianggap miliknya, kalau diminta baik2, malah ngambek. Jadi, kadang2 saya kasihan sama kakaknya karena harus selalu mengalah, sementara kakaknya juga kadang2 ngga mau ngalah. Akhirnya berantem lagi, berantem lagi………… Bagaimana cara mengatasinya bu? Terima kasih, Wss, Wr.Wb

  13. 8 October 2010 9:32 am

    salam hangat dari aushaf surabaya buat semua rekan – rekan di Pelangi …. saya jos bramasto dan istri putri rengganis … mantan wali siswa atas nama hannan …. bu nurul mungkin masih ingat dech…….

  14. 23 July 2011 7:39 pm

    Perasaan yang selalu sama ketika mengikuti PMT (seperti sore tadi ),
    “Saya sangat beruntung mengikuti forum ini”
    Banyak hal baru yang yang di peroleh

    Maje terus PN

  15. 23 July 2011 7:40 pm

    Perasaan yang selalu sama ketika mengikuti PMT (seperti sore tadi ),
    “Saya sangat beruntung mengikuti forum ini”
    Banyak hal baru yang di peroleh

    Maju terus PN

  16. Arin permalink
    30 September 2011 3:04 pm

    salam kenal paud pn,
    saya arin, mahasiswi psikologi univ. sanata dharma yogyakarta.
    begini, saya dan teman2 saya berencana mengadakan Educatour dengan salah satu objek kunjungan adl paud.
    nah.. saya ingin bertanya, apakah paud pn menerima kunjungan mahasiswa yg ingin belajar?
    kalo iya, apa saja syarat2nya dan langkah apa saja yg harus kami lakukan?
    terimakasih.
    salam sukses.

  17. Ardi Kristanto permalink
    7 November 2011 2:41 am

    Assalamulaikum wr. wb.

    wah PN sekarang tambah keren ya, sdh byk temen2 disana.. saya kebetulan orangtua dari Rigel, posisi saya sekarang baru kerja n jauh dari indonesia..
    klo bisa yth moderator bisa di updated acara2, supaya saya bisa tau apa schedule yang sdh atau yg akan dilaksanakan… apalgi klo attachment foto2 acara temen2 kecil qita ini diupdated.. kayak sebagai obat pelepas rindu lo..
    terima kasih, salam sukses buat semua, salam pelangi.

    Regards,
    Ardi

  18. bu novi permalink
    20 March 2013 4:57 pm

    alhamdulillah bs bkenalan dg paud PN meski lwt dunia maya.artikelnya sgt menarik dan bermanfaat.mhn ijin untuk ngopi dan share ma yg lain.mg jd amal jariyah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: