KONSEP PEMBELAJARAN
KONSEP PEMBELAJARAN
PAUD KARAKTER PELANGI NUSANTARA
“PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER”
- Membangun seluruh potensi manusia, yaitu 8 Aspek kecerdasan : Kecerdasan Visual-Spasial, Kecerdasan Bahasa, Kecerdasan Logika dan Matematika, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Kinestetik-jasmani, Kecerdasan Eksistensialis)
- Mendorong anak menjadi lifelong learner
- Terintegrasi antar mata pelajaran dengan kehidupan nyata
- Bertujuan membentuk kompetensi (pembiasaan), bukan hanya pengetahuan
- Proses belajar berpusat pada siswa
- Penilaian mencakup seluruh proses pembelajaran, bukan hanya pada hasil akhir
Konsep pembelajaran yang dipakai dengan menggabungkan metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) melalui kegiatan di sentra diintegrasikan dengan pendidikan karakter yang mengajarkan 9 pilar karakter .
PEMBELAJARAN SELARAS PERKEMBANGAN ANAK (DEVELOPMENTALLY APPROPIATE PRACTICE/DAP)
KONSEP DASAR
- Memperlakukan anak sebagai individu yang utuh (the whole child)
- Melibatkan 4 komponen : pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skills), sifat alamiah (disposition), dan perasaan (feelings)
DIMENSI KONSEP DAP :
1. Patut menurut umur : sesuai dengan tahap-tahap perkembangan anak
2. Patut secara social dan budaya : sesuai dengan pengalaman belajar yang bermakna, relevan dan sesuai dengan social budaya
3. Patut secara individual : sesuai dengan pertumbuhan dan karakteristik anak, kelebihannya, ketertarikannya dan pengalamannya.
APLIKASI KONSEP DAP SESUAI DENGAN KERJA OTAK :
-
Proses belajar harus menyenangkan
-
Memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan
-
Melibatkan aspek multi-sensori manusia
-
Memberikan pengalaman yang unik dan menantang
-
Melibatkan peran aktif fisik
-
Memberikan hubungan pendidik – anak yang menyenangkan & dapat dipercaya
-
Kurikulum yang menunbuhkan minat anak
KECERDASAN MENURUT HOWARD GARDNER :
-
Kecerdasan adalah multi dimensi, setiap manusia mempunyai kecerdasan spesifik dan kombinasi dari beberapa aspek kecerdasan
-
Definisi kecerdasan : kemampuan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan, dan dapat menghasilkan produk atau jasa yang berguna dalam berbagai aspek kehidupan.
HASIL STUDI DEVELOPMENTALLY APPROPIATE PRACTICE (DAP), MENUNJUKKAN BAHWA :
-
Pembelajaran berdasarkan DAP meningkatkan motivasi anak untuk bereksplorasi, meningkatkan kreativitas, dan rasa ingin tahu yang besar
-
Anak mempunyai tingkat stress dan kekhawatiran yang rendah
-
Anak lebih kreatif, unggul dalam kemampuan bahasa, membaca dan matematika
INTREGASI PEMBELAJARAN BERDASAR DAP (dengan menggunakan metode BCCT) dan PENDIDIKAN KARAKTER
PENDIDIKAN KARAKTER
Tujuan pendidikan karakter adalah untuk menanamkan moral/karakter kepada anak sejak usia dini. Guru sebagai orang dewasa yang banyak berinteraksi dengan anak harus dapat menjadi model dan fasilitator dengan mengajarkan karakter pada anak.
9 Pilar karakter yang diajarkan :
- Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
- Tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian
- Kejujuran, amanah dan diplomatis
- Hormat dan santun
- Kasih sayang, kepedulian,dan kerjasama
- Percaya diri, kreatif, kerja keras dan pantang menyerah
- Keadilan dan kepemimpinan
- Baik dan rendah hati
- Toleransi, cinta damai dan persatuan
- K4 (kesehatan, kebersihan, kerapian dan keamanan)
Teknis pelaksanaan pendidikan karakter di PAUD Karakter Pelangi Nusantara :
- Waktu Penerapan
- Formal 15 – 20 menit setiap hari sebelum kegiatan belajar dimulai (apersepsi awal)
- Non Formal
-. Terintegrasi dengan tema/kegiatan inti
-. Sepanjang kegiatan sekolah
- Bentuk Kegiatan
- Formal
-. Ceramah (menerangkan konsep)
-. Menggunakan Lembar Kerja (Diskusi)
-. Bercerita
-. Bernyanyi
-. Bermain peran
-
- Non Formal
-. Pemberian label positif
-. Pendampingan dan pengawasan
-. Pemberian contoh yang konsisten
Konsep sistem sentra yang dikembangkan dari konsep BCCT di PAUD Karakter Pelangi Nusantara.
SISTEM SENTRA adalah pengelolaan kelas yang terpusat pada satu kegiatan dan ditangani oleh satu orang guru secara khusus.
Karakteristik penerapan sistem sentra :
-
Guru bertanggungjawab dalam mengatur kegiatan di sentra masing-masing
-
Guru dapat lebih fokus dalam mengamati perkembangan anak di setiap sentra
-
Anak dapat mengembangkan kemampuannya secara optimal
-
Sarana yang mendukung pengembangan kemampuan
Ada 9 sentra yang diterapkan di PAUD KARAKTER PELANGI NUSANTARA:
1. SENTRA IMAJINASI
Tujuan :
-
- Mengembangkan kemampuan imajinasi, akhlaq, sosialisasi dan berbahasa
- Anak mengetahui cara menggunakan peralatan Rumah Tangga
- Mengenal kegiatan dalam profesi tertentu
- Mengenal peran dan fungsi anggota keluarga
Kegiatan :
-
Bermain drama pekerjaan/kegiatan rumah tangga
-
Bermain dramatisasi kehidupan keluarga
-
Bermain drama profesi-profesi
-
Kegiatan ibadah dalam keluarga
2. SENTRA PERSIAPAN
Tujuan :
-
Menumbuhkan kecintaan anak terhadap ilmu dan Tuhan
-
Mengembangkan kognitif, motorik dan emosi
-
Menumbuhkan minat baca dan tulis
Kegiatan :
-
Permainan matematika / berhitung
-
Persiapan membaca dan menulis
-
Puzzle, menyusun pola, meniru pola
-
Menjahit, meronce, bermain papan pasak
-
Bermain kartu bilangan, angka, gambar, huruf, kata
-
Menjiplak, mengelompokkan, bermain jam
-
Menggambar, membaca cerita
-
Diskusi sains
3. SENTRA SENI KREASI
Tujuan :
-
Melatih rasa estetika (keindahan)
-
Melatih motorik halus
Kegiatan :
-
Melukis / menggambar
-
Melipat, meronce, menganyam, menjahit
-
Merobek, menggungting, merekat
-
Menyanyi, main musik dan menari
4. SENTRA RANCANG BANGUN
Tujuan :
-
Mengembangkan daya pikir, daya cipta dan kreatifitas
-
Mengenal konsep ruang, bentuk dan ukuran
-
Mengembangkan kemampuan matematika dan logika
-
Koordinasi mata dan tangan
-
Sosialisasi, kerjasama, disiplin dan tanggung jawab
Kegiatan :
-
Sosialisasi aturan sentra
-
Menyusun balok, lego, kardus bekas, gelas aqua bekas atau puzzle busa
-
Bermain sosio drama dan microplay
5. SENTRA EKSPLORASI
Tujuan :
-
Melatih motorik, kognitif, social dan emosi
-
Anak terbiasa meng”arifi” suatu peristiwa
Kegiatan :
-
Bermain di bak pasir (menggali, menyaring dll)
-
Bermain biji-bijian
-
Bermain air, memandikan bayi, main es krim, sirup-sirupan, mencuci baju dan piring, memancing, ublek, dan melukis
-
Menggambar dengan kapur tulis/kayu
-
Eksplorasi di alam
6. SENTRA KEBUN
Tujuan :
-
Memperkenalkan cara menana tanaman dan mempraktekannya
-
Memperkenalkan dan mempraktekkan bagaimana cara memelihara tanaman
-
Memperkenalkan proses pertumbuhan tumbuhan secara langsung dan nyata
-
Membangkitkan rasa tanggung jawab anak
-
Membangkitkan rasa kagum anak terhadap ciptaan-Nya
Kegiatan :
-
Mengamati bibit tanaman
-
Menyemai bibit tanaman, merawat dan mengamati pertumbuhannya
-
Memperkenalkan bagian-bagian tanaman
-
Kunjungan ke perkebunan/sawah
-
Menyiram tumbuhan
7. SENTRA COOKING
Tujuan :
-
Melatih motorik halus
-
Mengembangkan dasar-dasar kemampuan membaca dan menulis, matematika, proses kimia dan fisika
-
Mengenal bentuk dan warna
Kegiatan :
-
Membedakan bahan makanan yang bagus dan yang tidak dengan cara melihat, memegang dan mencium
-
Mencuci bahan, mengupas, menimbang, memeras, memecah, mematahkan, memotong, mencicipi
-
Memasak
8. SENTRA IBADAH
Tujuan :
-
Membangkitkan rasa kecintaan anak terhadap Penciptanya
-
Memperkenalkan cara mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita
-
Memperkenalkan kewajiban-kewajiban sebagai umat beragama
-
Memperkenalkan budi pekerti kepada sesama makhluk Tuhan.
Kegiatan :
-
Memperkenalkan cara beibadah
-
Memperkenalkan dan membiasakan mengucapkan kalimat thoyibbah
-
Memperkenalkan do’a-do’a dan artinya serta tujuan kita berdo’a
-
Lagu-lagu keagamaan
-
Cerita-cerita tentang kebaikan
-
Menonton VCD tentang keagamaan
9. SENTRA JASMANI
Tujuan :
-
Melatih motorik kasar
-
Memperkenalkan irama lagu dan mengikuti gerakan sesuai irama
Kegiatan :
-
Senam
-
Renang
Keterangan :
- Kegiatan sentra dipadukan dengan pembelajaran karakter sesuai dengan jadwal sentra dan pilar karakter
- Pembelajaran dimulai pukul 08.00 – 10.30 sesuai dengan jadwal pembelajaran.
- Kegiatan pembelajaran pada hari senin-jum’at
- Setiap bulan diadakan puncak tema sesuai dengan tema bulan tersebut
saya butuh informasi ttg pengembangan pembelajaran karakter tuk PAUD
untuk pembelajaran karakter PAUD, ada dua metode yaitu formal dan informal. formal melalui cerita pilar karakter (ini ada lesson plannya bu, jadi sudah terjadwal apa yang akan diceritakan pada anak termasuk actingnya). sedangkan kalau informal, include dalam pembelajaran dan kegiatan keseharian mereka. untuk info lebih lanjut, main aja ke pelangi nusantara bu, insyaallah kami akan membantu semampu kami. kami tunggu. terimaksih
salam kenal sy kepala kb dhifa di kab, gowa trims atas kenalannya sangat bagus sekali sekolahnya….aduh enak sekali kalau kami bisa sharing dgn ibu…..trims salam kenal yach…dari sul – sel……ewako…
Salam kenal Pak Effendi, terimakasih atas pujiannya, semoga hal tersebut menjadi penyemangat untuk kami meningkatkan kualitas pendidikan dan pengasuhan anak-anak. Tentu saja kita bisa saling sharing tentang sekolah ataupun anak-anak, kami senang sekali apabila bisa berbagai dengan teman-teman yang memiliki visi yang sama dalm bidang anak-anak……kapan-kapan boleh main ke semarang pak!. kalau mungkin ada blog juga tentang sekolah bapak sehingga kami juga bisa belajar tentang PAUD yang ada di gowa. sekali lagi terimakasih pak effendi, semoga ini menjadi awal persahabatan kita…..salam PAUD
Nurul FE
saya butuh informasi ttg pembuatan SKM dan SKH pada konsep BCCT.sebelumnya terima kasih.By Heni Kelompok Bermain Al-Izzah Kota Tegal
slm kenal dr saya,.wuah…hebat n fantastik paud ibu.kapan2 kami akan belajar n ngangsu kawruh ke paud ibu.insyaallah kami mau mendirikan paud di kota ungaran.thank’s
Top banget gitu loch……..
Assalamu’alaikum Bunda Eni…silahkan bunda, pintu kita selalu terbuka. Insya Allah kita bisa belajar bersama-sama.
Asslm. Salam kenal… Saat ini sy ingin merintis paud di mranggen, dgn Konsep pbelajaran bbasis karakter. Boleh dong blajar di sbb pn. Mtrnwn. Wasslm.
Metode BCCT ini diperkenalkan oleh beberapa guru TK dan Paud. .Metode ini banyak digunakan para guru TK dan Paud yang sekolahnya memiliki keterbatasan financial. Metode seperti ini tentu bisa dicoba oleh siapa saja. Para guru menggunakan barang-barang bekas dalam membuat alat peraga pengajaran. Selain menghemat biaya, metode ini juga mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan dan alam sekitar, karena biasanya metode ini mengajak anak didik untuk lebih dekat dengan alam. Contoh dalam metode ini bisa ditemukan di:
http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/penggunaan-metode-bcct-beyond-centers.html
n
maaf…. mohon bantuannya… saya mahasiswa universitas, tingkat II, apakah lagu2 dr kak zepe bisa d download ??? sebagai sarana utk pembelajaran saya ? terimakasih..
Silahkan Kak Ifah kunjungi saja alamat websitenya..terimakasih
assalamualaikum…salam kenal…. ijin share yah… wah subhanallah PAUD’y sangat bagus dr sistem pembelajaran yg disampaikan pd anak, hingga fasilitasnya… kl boleh tau, PAUD pelangi Nusantara ada di daerah mana ya?? terimakasih…
LOKASI
PAUD Karakter Pelangi Nusantara berlokasi di Jl. Dewi Sartika Raya No.2 Sukorejo Gunungpati Semarang Jawa Tengah.
No telp./Fax (024) 86457473. Lebih jelasnya ada di menu PELANGI NUSANTARA. Terimakasih
Assalamualaikum, Wr, Wb…………
Perkenalkan saya mama Danu yang baru bergabung dengan Pelangi Nusantara sekitar 1 bulan ini. Alhamdulillah putra kami terlihat nyaman dan tak rewel setiap mau berangkat bermain
Semoga ini merupakan awal yang baik bagi keberadaan dia di Pelangi Nusantara.
Kami dari Orang Tua mohon titip anak kami, karena kami melihat, mendengar, dan membaca konsep pembelajaran di Pelangi Nusantara seperti apa yang kami harapkan.
Terima kasih Ibu Guru atas kasih sayang dan perhatiannya pada anak kami.
Wassalamualaikum, Wr, Wb.